Jumat, 24 Juni 2011

Penghargaan Adiwiyata (Sekolah Berwawasan Lingkungan)


SMK Negeri 1 Simpang Empat kembali meraih penghargaan Adiwiyata tingkat propinsi Kalimantan Selatan. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan H. Rudy Arifin dalam acara peringatan Hari Lingkungan Hidup Dunia. Acara Peringatan Harling tersebut tahun ini mengambil tempat di halaman kantor gubernur yang baru di Banjarbaru.
Adiwiyata adalah salah satu program dari kementerian Negara Lingkungan Hidup yang bekerja sama dengan Departemen Pendidikan Nasional. Program ini berupaya mendorong terciptanya pengetahuan serta kesadaran bagi warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah dapat ikut terlibat dan bertanggung jawab dalam upaya-upaya menjaga kebersihan dan penyelamatan lingkungan menuju lingkungan yang bersih,  sehat dan nyaman sebagai tempat pembelajaran.
Indikator dari Program Adiwiyata : 1. Pengembangan Kebijakan Sekolah. 2. Pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan . 3. Pengembangan Kegiatan Berbasis Partisipatif . 4. Pengelolaan dan Pengembangan Sarana Pendukung Sekolah. Dengan adanya program Adiwiyata ini diharapkan bahwa ada pembelajaran yang tercantum dalam kurikulum untuk pendidikan lingkungan hidup di setiap sekolah. Cara Mengikuti Program Adiwiyata Mengisi kuisioner dan membuat rencana kerja sekolah yang disediakan oleh KLH. Dalam Program Adiwiyata, penilaian dilakukan terhadap 3 (tiga) bagian yang satu sama lain saling terkait. Ketiga bagian tersebut adalah : Kuisioner Program Adiwiyata (5% dari Nilai Keseluruhan) Rencana Kerja (10% dari Nilai Keseluruhan) Kunjungan Lapangan (85% dari Nilai Keseluruhan).
Selain SMKN 1 Simpang Empat, ada dua sekolah lagi di Kabupaten Tanah Bumbu yang mendapat penghargaan serupa dari gubernur. Yakni SDN Manunggal Karang Bintang dan SMPN 1 Mantewe.  Diharapkan sekolah-sekolah tersebut dapat menjadi contoh untuk sekolah yang lain untuk dapat mengikuti kegiatan serupa ditahun tahun mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar